Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik

Bagi sebagian orang Tes Potensi Akademik dianggap sebagai hantu yang menakutkan karena dianggap tes yang paling sulit dalam suatu ujian penerimaan. Namun sebenarnya jika sobat tahu kuncinya (bukan kunci jawaban soal maksudnya, haha), sobat akan sangat terbantu dalam menghadapi tes ini. Ada beberapa tips dan trik sederhana sukses menghadapi soal TPA yang perlu sobat ketahui, dan berikut adalah ulasannya :

Tips dan Trik TPA

Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik

  • Mencari Informasi

    Hal pertama yang harus sobat lakukan dalam 3 bulan sebelum pelaksanaan tes adalah mencari-cari informasi mengenai organisasi penyelenggara dan karakteristik soal-soal yang akan diujikan. Karakteristik soal TPA BAPPENAS terkadang berbeda dengan soal TPA masuk pascasarjana atau soal TPA untuk kenaikan jabatan. Biasanya masing-masing instansi mempunyai aturan tersendiri untuk soal-soal mana saja yang akan diujikan. Jangan sampai sobat mempelajari mati-matian tes kemampuan verbal namun untuk kenyataannya tes tersebut tidak pernah diujikan dalam beberapa tahun terakhir di instansi yang sobat daftarkan. Jadi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum melakukan tes. Bisa googling, bertanya pada teman, atau bertanya pada orang instansi terkait.

  • Lakukan Latihan, Latihan, dan Latihan

    Setelah berhasil menemukan informasi tentang karakteristik soal-soal yang akan diujikan, tugas selanjutnya adalah berlatih soal-soal TPA sebanyak mungkin. Hal ini akan membuat sobat kenal lebih akrab lagi dengan berbagai jenis dan model soal. Selain itu, hal yang pasti lagi adalah kemampuan sobat akan lebih terasah, mulai dari teknik menganalisa, teknik berhitung, ataupun juga juga teknik memahami soal.

  • Fokus Satu Per Satu

    Soal TPA terdiri dari bermacam-macam model soal, mulai dari tes verbal, tes numerik, tes logika, tes visual, dll. Fokuskan diri sobat ke dalam satu model soal dulu, jika sudah menguasai dengan baik baru sobat dapat pindah ke model soal yang lainnya.

  • Sesuaikan Waktu Dalam Menjawab Soal

    Kesalahan yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah melakukan latihan soal TPA dengan tidak mematuhi batasan waktu yang ditentukan. Hal ini akan membiasakan sobat untuk bekerja secara lambat dalam menyelesaikan soa-soal yang diujikan. Jadi saat sobat mengerjakan tes yang sebenarnya, sobat akan sangat susah untuk mengatur waktu pengerjaan. Oleh karena itu, dengan jumlah soal yang mencapai ratusan dan waktu yang relatif singkat, biasakan diri sobat untuk berlatih soal dengan waktu yang telah ditentukan agar nantinya terbiasa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

  • Tes Verbal

    Dalam tes verbal, sobat dituntut mempunyai pembendaharaan kata yang luas. Bisa dilakukan dengan sering-sering membuka kamus KBBI atau kamus pembendaharaan kata yang lainnya seperti aurus. Jika sobat malas untuk membuka kamus, cara yang lebih simpel untuk menambah kata-kata di dalam otak kita yaitu dengan cara banyak membaca bacaan umum seperti majalah, koran, ataupun surat kabar lainnya. Disana banyak sekali kata-kata yang mungkin belum pernah sobat jumpai sebelumnya, dan hal ini sekaligus akan mempermudah sobat dalam proses mengingat.

  • Tes Angka

    Pada tes angka TPA, jangan pernah menghafal rumus-rumus matematika yang rumit, karena hal tersebut hanya akan membebani kerja otak kita saja. Yang perlu dilakukan cukuplah sobat memainkan logika berpikir yang terstruktur. Tentunya hal ini dapat dilatih dengan cara memperbanyak latihan-latihan soal, dan dengan sendirinya logika berpikir kita akan semakin terasah dan memudahkan dalam pengerjaan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.

  • Tes Visual

    Bermain dengan soal bergambar dua dimensi atau tiga dimensi, cara satu-satunya agar dapat menaklukan soal jenis ini adalah dengan melatih imajinasi kita. Biasanya soal bergambar ini mempunyai pola di tiap-tiap soalnya. Lakukan latihan sesering mungkin agar sobat mengetahui jenis-jenis pola apa saja yang paling sering digunakan.

  • Hilangkan Rasa Penasaran

    Satu lagi kesalahan fatal yang sering dilakukan saat tes ujian berlangsung dan ini sangat bahaya sobat. Banyak orang mempunyai rasa penasaran terhadap salah satu soal tertentu dalam tes. Yang paling sering dijumpai yaitu pada soal-soal jenis numerik atau angka. Rasa penasaran boleh sobat miliki hanya pada saat LATIHAN SAJA, namun pada saat tes ujian berlangsung hilangkan hal itu dari diri sobat. Rasa penasaran terhadap suatu soal akan menguras banyak waktu dan tenaga untuk berfikir, belum lagi jika soal tersebut tidak berhasil dipecahkan. Pastinya hal ini akan membuat sobat menjadi emosi bahkan frustasi sehingga soal-soal lain terbengkalai. Perlu diingat kembali bahwa setiap butir soal TPA memiliki bobot nilai yang sama, jadi jangan pernah membuang-buang waktu untuk menuruti rasa penasaran sobat.

  • Kondisikan Tubuh dan Pikiran Dalam Keadaan Prima

    Saat mengerjakan soal-soal TPA, baik itu saat masih latihan ataupun saat ujian berlangsung, biasakan diri untuk mengkondisikan tubuh dan pikiran dalam keadaan prima. Hindari keadaan stres, tegang, panik, tertekan dan ubahlah menjadi kondisi yang santai, tenang, serta percaya diri. Jika sobat dalam keadaan tegang cobalah untuk sedikit rileks dengan cara menghirup udara dalam-dalam dan mengeluarkan secara pelan-pelan. Jika perlu sobat dapat meminum satu gelas air putih untuk membuat badan sobat menjadi segar. Hal ini penting dilakukan karena saat dalam kondisi tegang kerja otak akan cepat menguras energi, dan biasanya saat energi mulai menipis rasa panik mulai muncul. Ceroboh dan terburu-buru sudah pasti dilakukan saat rasa panik ini datang, dan hasilnya sobat akan mudah terkecoh dengan jawaban yang sekilas nampak benar.

    Hal lain lagi yang perlu sobat perhatikan adalah jika besok adalah hari dimana tes ujian berlangsung, maka kondisikan tubuh sobat pada malam harinya untuk istirahat total. Hindari memaksakan berlatih soal-soal karena akan membuat sobat lelah dan capek. Dan jangan pernah lupa, sebelum mengerjakan tes ujian jangan biarkan perut sobat dalam keadaan kosong dan kehausan. Tetapi, jangan pula makan secara berlebihan karena dapat menyebabkan rasa kantuk.

  • Jangan Lupakan Doa

    Selain niat dan usaha, kekuatan doa sangatlah penting peranannya. Mintalah doa ke orang-orang terdekat disekeliling sobat agar selalu diberikan semangat dan kekuatan dalam mengerjakan soal-soal TPA. Sugestikan diri sendiri bahwa sobat mampu mengerjakan soal TPA dengan mudah, cepat, dan tepat.

Tips dan trik menghadapi Tes Potensi Akademik di atas sangat lah penting untuk diketahui. Semoga setelah membaca artikel ini sobat dapat lebih baik lagi dalam mempersiapkan ujiannya mendatang. Tetap semangat dan selamat mencoba, good luck.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips dan Trik Menghadapi Tes Potensi Akademik